Selasa, 19 Juli 2011

Bendera Bajak laut


Bendera bajak laut memiliki sejarah dan kisahnya sendiri. Bendera ini bukanlah merupakan legenda atau mitos semata, juga bukan lahir dari perkembangan industri film ataupun imajinasi seorang penulis novel. Bendera bajak laut murni lahir dari para bajak laut itu sendiri yang dulu eksis dan pernah berjaya di masanya. Dulu para bajak laut mengibarkan bendera berdasarkan versi mereka masing-masing, sehingga para bajak laut yang terkenal seperti Blackbeard dan Calico Jack Rackham memiliki simbol bajak lautnya masing-masing.


Bendera merupakan simbol yang digunakan oleh kapal untuk memperlihatkan identitas mereka kepada kapal lain, sehingga dengan bendera dapat diketahui apakah kapal tersebut merupakan teman atau musuh.
Bajak laut mengibarkan benderannya bertujuan untuk meruntuhkan mental tempur kapal musuh. Bendera bajak laut dirancang untuk menebarkan ancaman, mengintimidasi dan menimbulkan rasa takut terhadap musuh-musuhnya. Bendera bajak laut juga salah satu elemen penting untuk menunjukan reputasi, eksistensi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh kelompok mereka.

Warna Background atau latar belakang bendera bajak laut biasanya berwarna merah atau hitam. Walaupun hitam merupakan warna yang identik dengan bajak laut, warna awal yang sering digunakan bajak laut adalah merah. Warna merah bajak laut memiliki makna pertumpahan darah, bisa juga diartikan dengan “Tidak ada ampun yang diberikan bagi musuh”. Perkembangan berikutnya, warna merah kemudian digantikan oleh warna hitam. Warna hitam sendiri menyimbolkan kematian. Kemudian bendera bajak laut berkembang dengan terdapatnya simbol-simbol yang mematikan pada bendera mereka. 

JOLLY ROGER
Walaupun banyak versi bendera bajak laut yang berbeda-beda, salah satu bendera yang paling terkenal disebut dengan “Jolly Roger”.  

Ada beberapa versi mengenai asal-usul nama “Jolly Roger” :
  •  Jolly Roger berasal dari pengucapan bahasa Inggris dari kata “Jolie Rouge”
  •  Jolly Roger berasal dari kata “Rouge” yang menggambarkan sosok seorang pengembara,         pengemis ataupun pencuri.
  •   Jolly Roger berasal dari kata “Old Roger” yang merupakan sebutan dari orang Inggris untuk sosok Setan.
  
Sedangkan deskripsi dari simbol Jolly Roger :

  • ·         Warna background hitam
  • ·         Di tengah bendera terdapat gambar sebuah tengkorak (skull)
  • ·         Di bawah tengkorak terdapat dua tulang menyilang (crossbones)
  • ·         Jolly Roger disebut juga dengan “Skull and Crossbones”
 
 Simbol Tradisional "Jolly Roger"

Kelompok bajak laut yang pernah menggunakan simbol Jolly Roger ini adalah bajak laut Black Sam” Bellamy   dan Edward England

MACAM-MACAM BENDERA PARA BAJAK LAUT

Bendera kelompok bajak laut Calico Jack Rackham
Bendera dari kelompok ini terdiri dari gambar tengkorak dengan dua pedang menyilang dan background berwarna hitam.
 
Simbol bendera ini digunakan dalam film “Pirates of the Caribbean”.

Bendera kelompok bajak laut John Avery (alias Avary)

Bendera dari kelompok ini terdiri dari gambar tengkorak dengan dua tulang menyilang dan background  berwarna merah (terdapat juga versi hitamnya). Tengkorak tersebut mengenakan aksesoris berupa bandana dan anting yang merupakan aksesoris khas para bajak laut.



Bendera kelompok bajak laut Blackbeard

Blackbeard merupakan salah satu bajak laut yang paling terkenal sepanjang sejarah akan kekejamannya. Simbol benderanya berupa gambar sosok sebuah tengkorak utuh yang memegang sebuah jam pasir kaca (hour glass) di salah satu tangannya dan sebuah tombak di tangan lainnya. Tengkorak tersebut berdiri di samping sebuah hati berwarna merah yang mengucurkan darah.



 
Share

1 comments:

Posting Komentar